Home » » Materi Bab 1 Tentang Internet & Intranet

Materi Bab 1 Tentang Internet & Intranet

Written By Unknown on Thursday, November 21, 2013 | 2:12 PM

1. Pengertian Internet dan  Intranet
Internet (Interconnected-Network) merupakan sekumpulan jaringan komputer  yang  menghubungkan  berbagai  macam  situs.  Internet  menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan seluruh dunia. Jaringan yang membentuk  internet bekerja berdasarkan suatu set protokol standar  yang  digunakan  untuk  menghubungkan  jaringan  komputer  dan mengamati lalu lintas dalam jaringan. Protokol standar pada internet dikenal sebagai  TCP/IP  (Transmission  Control  Protocol/Internet  Protocol).  Protokol ini  memiliki  kemampuan  untuk  bekerja  pada  segala  jenis  komputer  tanpa terpengaruh  oleh  perbedaan  perangkat  keras  maupun  sistem  operasi  yang digunakan.
2. Fungsi Internet
Fungsi dari internet adalah adalah sebagai media komunikasi, media promosi, komunikasi interaktif, alat Research and Development, dan sebagai media pertukaran data.
3. Layanan Aplikasi Internet
Aapun layanan aplikasi internet sebagai berikut :
a) WWW (World Wide Web)
Web  adalah  sebuah  sistem  di  mana  informasi  dalam  bentuk  teks,  gam-bar,  suara,  dan  lain-lain  yang  tersimpan  dalam  sebuah  internet  webserver dipresentasikan  dalam  bentuk  hypertext.  Informasi  di  web  dalam  bentuk teks  umumnya  ditulis  dalam  format  HTML  (Hypertext  Markup  Language). Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis (dalam format  GIF, JPG, PNG), suara (dalam format AU, WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World).
b) E-mail (Electronic Mail)
Surat  elektronik  adalah  aplikasi  yang  memungkinkan  para  pengguna internet  untuk saling  berkirim  pesan  melalui  alamat  elektronik  di  internet. Para pengguna e-mail memiliki sebuah mailbox (kotak surat) elektronik yang tersimpan  dalam  suatu  mailserver.  Suatu  Mailbox  memiliki  sebuah  alamat sebagai  pengenal  agar  dapat  berhubungan  dengan  mailbox  lainnya,  baik dalam  bentuk  penerimaan  maupun  pengiriman  pesan.  Pesan  yang  diterima akan ditampung dalam mailbox. Selanjutnya, pemilik mailbox sewaktu-waktu dapat  mengecek  isinya,  menjawab  pesan,  menghapus,  atau  menyunting  dan mengirimkan  pesan e-mail.
c) File Transfer Protocol (FTP)
Fasilitas  ini  memungkinkan  para  pengguna  internet  untuk  melakukan pengiriman  (upload)  atau  menyalin  (download) sebuah file antara komputer lokal dengan komputer lain yang terhubung dalam jaringan  internet. Protokol standar  yang  digunakan  untuk  keperluan  ini  disebut  sebagai  File  Transfer Protocol (FTP).
d) IRC (Internet Relay  Chat)
Layanan IRC atau biasa disebut sebagai “chat” saja adalah sebuah bentuk komunikasi  di  intenet  yang  menggunakan  sarana  baris-baris  tulisan  yang diketikkan  melalui  keyboard.  Dalam sebuah  sesi chat,  komunikasi  terjalin melalui saling bertukar pesan-pesan singkat. kegiatan ini disebut chatting dan pelakunya  disebut  sebagai  chatter.
e) Telnet
Layanan  remote  login  mengacu  pada  program  atau  protokol  yang menyediakan  fungsi  yang  memungkinkan  seorang  pengguna internet  untuk mengakses (login) ke sebuah terminal  (remote host)  dalam lingkungan jaringan internet. Dengan memanfaatkan remote  login, seorang pengguna internet dapat mengoperasikan sebuah host dari jarak jauh tanpa harus secara fisik berhadapan dengan  host  bersangkutan.  Dari  sana  ia  dapat  melakukan  pemeliharaan (maintenance) , menjalankan sebuah program, atau bahkan menginstall program baru di remote  host.
f) Mailing List
Mailing  list  atau  sering  juga  disebut  milis  adalah  aplikasi internet  yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail.  Setiap  e-mail  yang  dikirim  ke  alamat  milis  akan  dikirimkan ke  seluruh  alamat e-mail  yang  terdaftar  sebagai  anggota  milis  tersebut.  Milis sebenarnya  bentuk  lain  dari e-mail.  Fasilitas  ini  digunakan  oleh  kelompok-kelompok untuk bertukar informasi dan berdiskusi sesama anggota kelompok milis mempunyai sifat yang sama dengan e-mail.
g) Newsgroup
Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu  sama  lain  dalam  sebuah  forum.  Biasanya  anggota  forum  newsgroup mempunyai  kepentingan  dan  ketertarikan  yang  sama  serta  membahas  topik-topik tertentu.  Sarana  yang  digunakan  dalam  newsgroup  dapat  berupa multimedia  (audio  visual)  dengan  menggunakan  fasilitas  konferensi  video, dapat berupa teks saja atau teks dan audio dengan menggunakan fasilitas  chat (IRC).
h) Gopher
Gopher adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet yang hanya terbatas pada teks saja. Untuk mendapatkan informasi melalui  Gopher,  kita  harus  menghubungkan  diri  dengan  gopher server  yang ada di internet.
i) Ping 
Ping  (Packet  Internet  Gopher)  digunakan  untuk  mengetahui  apakah komputer  yang  kita  gunakan  terhubung  (terkoneksi)  dengan  komputer  lain di internet.  Pengecekan  hubungan  ini  dilakukan  dengan  cara  mengirimkan sejumlah paket data.
4. Pengertian Intranet
Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis protocol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) yang digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warnet dapat dikategorikan intranet. Intranet umumnya juga terkoneksi ke internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan intranet lainnya (Internetworking) melalui backbone internet.
5. Website/Situs
Situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi, gambar gerak, suara, dan/ gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statif maupun dinamis yang membentuk suatu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan link-link. 
6. Unsur-Unsur Website/Situs
Adapun unsur-unsurnya dibagi sebagai berikut :
a) Domain Name
b) Hosting
c) Script/Bahasa Program
d) Design Web
e) Publikasi 
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : mfiqria | |
Copyright © 2011. JUBA-Ran! - All Rights Reserved
Template Created by friqrei
Proudly powered by Barakallah